Hobi Pakai Maskara Kedaluwarsa, Ini Efeknya Bagi Mata

Foto : Ilustrasi Maskara
Perhatikan tanggal kedaluwarsa kosmetik Anda, termasuk maskara. Nekat menggunakan maskara yang sudah lewat tanggal kedaluwarsa bisa bikin mata infeksi, bahkan hingga buta.

Dikutip dari Daily Mail, pakar kesehatan mata Luke Arundel menyebutkan bahwa di dalam sebuah studi yang diterbitkan di International Journal of Cosmetic Science, sebanyak 97,9 persen peserta melaporkan penggunaan kosmetik kedaluwarsa. Produk yang paling banyak digunakan adalah maskara.

Padahal berdasarkan analisis mikrobiologi dari 40 sampel maskara yang kedaluwarsa, ditemukan adanya bakteri jahat dan jamur yang dapat menyebabkan infeksi mata.

Maka dari itu, saat memakai kosmetik Anda perlu memastikan bahwa produk tersebut masih aman dan belum melewati tanggal kedaluwarsa. Jika sudah, maka pikir dua kali untuk tetap menggunakannya.

Segera konsultasikan ke dokter jika kemudian Anda mengalami nyeri pada mata, mata berair, gatal-gatal setelah menggunakan maskara yang kedaluwarsa. Bisa jadi itu merupakan gejala dari infeksi akibat penggunaan produk kedaluwarsa.

"Banyak orang enggan cek ke dokter dan menahan rasa gatal di matanya selama berbulan-bulan. Padahal jika gejala seperti ini terus berlanjut, sebaiknya segera cek ke dokter mata," imbuh Arundel.

Meski Anda merasa penglihatan masih baik-baik saja dan tak terganggu, Arundel menegaskan bahwa satu-satunya hal yang bisa memastikan kondisi mata adalah dengan melakukan pemeriksaan mata komprehensif.

"Ini merupakan satu-satunya cara untuk mendeteksi adanya kemungkinan yang lebih serius terjadi di mata, yang mungkin saja bisa menimbulkan kebutaan," pesan Arundel.

0 Response to "Hobi Pakai Maskara Kedaluwarsa, Ini Efeknya Bagi Mata"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel